7 Jenis Ikan Paling Langka Di Dunia

Assalamu Alaikum Sahabat TI (Tombak Ilmu)



     Banyak hewan2 yang langka akibat perburuan manusia yang tidak teratur tanpa memikirkan apakah anak cucu kita nanti bisa melihat nya atau tidak jika terjadi kepunahan.... yuk sama-sama kita jaga hewan2 dibumi ini .... nah berikut ini adalah 7 ikan  langka yang termasuk kedaftar ikan paling langka di dunia .... yuk kita simak😇


👉1  Black Lizardfish
Lizard Fish merupakan salah satu predator puncak yang hidup di laut dalam (1.000 – 2.500 meter). Menjadi predator yang dominan di laut dalam bukanlah hal mudah, sebab makanan yang tersedia sangat sedikit. Mereka tak akan ragu memangsa hewan apa pun yang mereka temui, termasuk sesama jenisnya. Saat berburu, lizard fish akan berdiam di dasar laut dengan kepala dan tubuh depan terangkat, menanti mangsa dengan sabar.

Saat mangsa telah berada dalam jangkauan, mereka akan menyergapnya dengan kecepatan tinggi dengan memanfaatkan mulutnya yang seperti jebakan. Dibandingkan makanan, menemukan pasangan merupakan hal yang lebih sulit bagi lizard fish. Kondisi tersebut mendorong spesies ini berevolusi menjadi ikan hermafrodit.


👉2  Black Swallower  
Seekor ikan yang menarik dan langka yang hidup di kedalaman sampai 500 meter,Sedikit yang diketahui tentang makhluk ini, dan ikan ini tumbuh sampai panjang 25 cm dan memiliki kemampuan untuk memanfaatkan bioluminescence. Fitur yang membedakan dari Black swallower adalah kemampuan untuk meregangkan perutnya 3 kali dari ukuran aslinya untuk menyesuaikan diri dengan mangsa yang lebih besar.Menelan adalah satu hal, tapi mencernanya adalah hal yang lain.

Karena kebiasaannya memangsa ikan yang lebih besar, Black Swallower seringkali tidak sempat mencerna sebelum mangsanya itu membusuk. Mangsa yang membusuk di dalam perutnya ini kemudian terurai dan menghasilkan gas karbon sehingga Black Swallower terdorong ke laut yang lebih dangkal. Karena laut dangkal bukan habitat aslinya, Black Swallower yang terbawa ke laut dangkal akan mati. Mungkin pepatah besar pasak daripada tiang cocok untuk ikan ini.



👉3 Chimaeras
Chimaera termasuk dalam keluarga ikan laut dalam yang tubuhnya tidak ditopang oleh tulang keras, melainkan oleh tulang rawan. Hewan ini memiliki ciri mata yang besar, sirip seperti sayap burung, dan gigi pipih untuk menggilas makanan.

Chimaera dekat dengan hiu dan pari, tetapi selalu ada ketidakpastian ketika kita menilik lebih dalam pada saat titik percabangan evolusi mereka,” kata pemimpin studi, Michael Coates dari University of Chicago.Teka-teki tentang hewan misterius tersebut tak kunjung terungkap karena penelitian terhadap chimaera sulit dilakukan. Penyebabnya, fosil chimaera sangat langka karena kerangka yang terdiri dari tulang rawan sulit berubah menjadi fosil.


 

👉4 Colossal Squid
Cumi-cumi kolosal (colossal squid : Mesonychoteuthis hamiltoni) adalah spesies cumi-cumi terbesar di dunia. Panjang tubuh maksimalnya diperkirakan mencapai 4 m lebih dengan panjang tentakel 10 m sehingga jika ditotal, panjang dari makhluk laut ini bisa mencapai lebih dari 14 m! Ukuran spektakuler dari cumi-cumi kolosal pada gilirannya membuat hewan ini juga dinobatkan sebagai hewan tak bertulang belakang (invertebrata) terbesar di dunia.

Karena ukuran raksasanya & karakteristik fisiknya pula, beberapa orang berspekulasi bahwa cumi-cumi kolosal mungkin merupakan jawaban dari misteri Kraken, makhluk laut dalam kisah-kisah mitos atau legenda yang digambarkan berukuran amat besar & bisa menenggelamkan kapal-kapal dengan tentakelnya.


👉 5 Goblin Shark  
Hiu bernama ilmiah Mitsukurina owstoni ini mungkin adalah hiu dengan penampilan paling menyeramkan.Hiu goblin bergerak lambat dan hidup di kedalaman 1.200 m di berbagai perairan dalam di di Samudera Pasifik dan Atlantik. Ia hidup dengan mengkonsumsi ikan, termasuk hiu, dan tubuhnya bisa tumbuh hingga 3,8 m.
Seperti halnya hiu berjumbai, hiu goblin juga diperkirakan ada sejak zaman prasejarah dengan struktur tubuh yang tidak berubah selama jutaan tahun. Sejauh ini, informasi ilmiah mengenai hiu goblin masih sangat terbatas. Meski demikian hewan ini masih eksis, masih ada di perairan Jepang dan beberapa kali berhasil terekam kamera.


 



👉6  Megamouth Shark
Hiu bermulut besar/ Megamouth Shark adalah spesies hiu yang sangat langka. Hiu ini ditemukan tahun 1976. Hanya sedikit hiu ini yang telah terlihat dan sedikit pula infomasi yang didapat dari jenis hiu ini. Dengan 39 spesimen telah ditangkap atau dilihat. Hiu ini berenang dengan mulut terbuka untuk makan plankton dan ubur-ubur.



👉7 Coelacanth 
Coelacanth adalah ikan purba yang riwayatnya dapat diusut sampai dengan 65-an juta tahun lalu. Jenis ikan ini hidup di masa sebelum bumi menjadi hangat. Kepunahan ikan ini diyakini terjadi berbarengan dengan suhu bumi yang menjadi hangat tepatnya pada masa Late Cretaceous (pasca-Jurasik). Tapi, kejutan terjadi. Ikan ini mendadak ditemukan, salah satunya di perairan Bunaken, Sulawesi Utara.

Selain di perairan Bunaken, coelacanth juga ditemukan di Komoro, Kenya, Tanzania, Mozambik, Madagaskar, dan Afrika Selatan. Di Indonesia, ikan ini dinamai ikan raja laut. Didasarkan atas penemuan ffosil, coelacanth diperkirakan terdiri atas 120 spesies. Sampai saat ini diketahui ada spesies coelacanth yang masih hidup, yaitu coelacanth Komoro dan coelacanth Bunaken.


 Referensi  : http://says.com                                   
                   komik sains kuark                            
                   https://id.wikipedia.org
                   http://nationalgeographic.co.id 

Created By : Idham Mukholid
Lokasi : Ciganea, Purwakarta

Mudah-mudahan artikelnya bermanfaat silahkan yang mau share dan yang mau komentar dibawah ini....

1 comment: