Cara Memberi Makan Terumbu Karang Dalam Aquarium

Assalamu Alaikum , Sahabat TI (Tombak Ilmu)

Sahabat, Sebagai Para penghobi ikan hias level master biasanya tidak akan puas kalau hanya memelihara ikan saja. Mereka menginginkan sesuatu yang lebih agar akuarium miliknya terlihat semakin indah. Salah satunya yakni menghadirkan terumbu karang asli di dalam akuarium tersebut.Dan juga dengan ditambahkannya terumbu karang menambahkan keindahan tersendiri yang membuat hati kita tenang melihatnya.... hahaπŸ˜€
Dalam merawat terumbu karang jauh lebih sulit dibandingkan dengan memelihara ikan. Walaupun pada dasarnya terumbu karang tidak terlalu banyak bergerak dan tidak membutuhkan makanan yang banyak, tetapi Anda membutuhkan teknik tersendiri supaya koral-koral tadi tetap dapat bertahan hidup. Khususnya dalam faktor pemberi makan selain itu Anda harus memikirkan macam-macam pakan untuk terumbu karang.


Sebagian besar terumbu karang hias akan memakan pakan ikan yang terjatuh ke dasar akuarium. Namun beberapa spesies koral perlu ditangani dengan cara yang berbeda dalam hal pemberian pakan. Di antaranya anemone, cerianthus, elephant ear, polip matahari, karang melati, karang daging, dan kolang-kaling. Koral-koral ini harus diberikan makanan secara direct feeding alias memasukkan pakan ke mulut koral langsung. Koral yang berada di akuarium berarus deras atau ditemani dengan ikan yang rakus juga harus diberikan pakan secara direct feeding.

Meskipun dalam terumbu karang ini sudah mempunyai zooxanthellae, tetapi Anda juga tetap harus memberinya pakan tambahan supaya mereka bisa tumbuh dengan baik. Pemberian makanan pada terumbu karang dilakukan dengan intensitas 1-2 kali/minggu. Makanan yang dapat dipakai umumnya berupa potongan-potongan udang dan kerang kupas. Waktu pemberian pakan yang paling baik pada saat malam hari ketika sebagian besar ikan sudah merasa tenang dan kenyang. πŸ‘‰πŸ‘‰


Berikut ini adalah cara - cara untuk memberikan makanan ke terumbu karang dalam aquarium :

πŸ‘‰πŸ‘‰Alat Penjepit
Dalam memasukkan makanan ke dalam mulut terumbu karang, Anda bisa menggunakan alat semacam penjepit. Misalnya ketika Anda ingin memberikan pakan berupa udang segar. Potonglah udang tersebut menjadi beberapa potongan yang berukuran kecil. Kemudian jepit potongan udang ini menggunakan alat tadi, lalu arahkan langsung ke mulut koral. Nah dengan metode ini, semua terumbu karang yang ada di akuarium pun akan terpenuhi kebutuhan gizinya.
 

πŸ‘‰πŸ‘‰Alat Suntik
Anda juga bisa mengandalkan alat suntik yang sudah dilepas bagian jarumnya sebagai alat untuk memberikan makanan ke terumbu karang secara langsung. Alat ini cocok sekali digunakan manakala Anda ingin memberikan pakan berupa udang rebon. Anda cukup memasukkan udang rebon ke dalam silinder alat suntik. Setelah itu, arahkan ujung alat suntik tepat ke dalam mulut koral. Dijamin deh, koral tersebut akan lebih mudah dalam memangsa pakan yang diberikan khusus untuknya.


πŸ‘‰πŸ‘‰Alat Jaring
Anda juga bisa memberi makanan kepada terumbu karang pada waktu siang hari. Tentu saja harus dengan sedikit trik khusus agar pakan untuk koral tadi tidak direbut oleh ikan. Caranya yaitu tutupi koral menggunakan jaring yang berukuran kecil saat ia hampir menelan makanannya. Suapi semua terumbu karang ini satu per satu dan pastikan makanannya sudah tertelan. Meskipun kedengarannya melelahkan, justru waktu memberikan makanan kepada koral inilah saat yang paling tepat bagi Anda untuk menikmati pemandangan unik dari koral-koral tersebut.

 Mudah2 an artikelnya bermanfaat kalau mau share silahkan dan juga tulis komentarnya di bawah ini ya....πŸ‘¦

Referensi :
http://tipsikan.blogspot.co.id
https://www.google.com
https://id.wikipedia.org
tkarang.blogspot.com

Created By : Idham Mukholid
Lokasi : Cigane, Purwakarta  

No comments:

Post a Comment