Pengertian Terumbu Karang, Habitat, Dan Manfaatnya

Assalamu alaikum, Sahabat Tombak Ilmu


Pengertian Terumbu Karang

     Terumbu Karang merupakan Ekosistem yang berada di bawah laut yang terbentuk dari kalsium karbonat koloni kerang laut yang bernama polip yang bersimbiosis dengan organisme miskroskopis yang bernama zooxanthellae. Dan terumbu karang bisa dikatakan sebagai hutan tropis elosistem laut.

    Terumbu karang memberikan perlindungan bagi hewan - hewan dalam habitatnya termasuk sponge, ikan (kerapu, clown fish, belut laut, dll), ubur - ubur, binatang laut, udang laut, ular laut, siput laut, cumi - cumi, dan ikan - ikan kecil yang sumber makananya berada di sekitar ekosistem terumbu karang.




     Ada 2 jenis terumbu karang yaitu terumbu karang keras (hard coral) dan terumbu karang lunak (soft coral). Terumbu karang keras seperti brain coral dan elkhorn coral merupakan batu kapur keras yang membentuk terumbu karang. Terumbu karang lunak seperti sea fingers dan sea whips dan tidak membentuk karang.

     Ekosistem ini terdapat di laut dangkal  yang hangat biasanya tumbuh di daerah tropis dengan temperature 21 - 30'C. Beberapa tempat tumbuhnya terumbu karang adalah pantai timur Afrika, Pantai selatan India, Laut Merah, lepas pantai timur laut dan barat laut Australia hingga ke polynesia, pantai Florida, Karibia dan Brasil. Terumbu karang terbesar adalah Great Barier Reef di lepas pantai timur laut Australia dengan panjang 2000 Km.

Habitat Terumbu Karang

     Terumbu Karang pada umumnya hidup di pinggir pantai atau di daerah yang masih mendapat sinar matahari, yakni kurang lebih 50 meter di bawah permukaan air laut. Namu ada pula spesies terumbu karang yang dapat hidup di dasar lautan dengan cahaya yang sangatlah minim, bahkan tanpa cahaya sama sekali. Tapi terumbu karang yang hidup di dasar lautan ini tidak melakukan simbiosis dengan zooxanhellae sekaligus tidak membentuk karang.




    Ekosistem terumbu karang sangatlah sensitif dengan perubahan lingkungan hidupnya, terutama pada suhu, salinitas, dan juga sedimentasi serta eutrifikasi. Ada beberapa hal yang sangat mempengaruhi terumbu karang, 

Berikut Beberapa Hal Yang Dapat Mempengaruhi Terumbu Karang :

a.  Cahaya Matahari

Terumbu karang membutuhkan bantuan cahaya matahari untuk dapat melakukan fotosintesis ( meskipun ada beberapa terumbu karang yang tidak melakukan proses fotosintesis). Polip - polip yang saling bersusunan dan membentuk terumbu karang dan terletak di bagian atas dapat menangkap makanan yang terbawa arus laut dan juga melakukan fotosintesis. Hasil fotosintesis yang berupa oksigen ini akan dapat di manfaatkan oleh makhluk hidup lainnya.

b.  Suhu

Suhu merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh pada terumbu karang. Karena terumbu karang membutuhkan lingkungan dengan suhu yang hangat, dengan suhu 21 - 30'C.

c.  Kebersihan Lingkungan

Tingkat kebersihan air laut juga menjadi faktor yang sangat mempengaruhi terumbu karang. Karena terumbu karang menyukai lingkungan laut yang bersih, jernih, dan tidak mengandung polusi.

Manfaat Terumbu Karang Sebagai Berikut :

1.  Sebagai rumah bagi para ikan dan juga binatang laut lainnya

Salah satu manfaat terumbu karang yang paling alami adalah tempat bernaungnya segala jenis ikan dan hewan - hewan laut lainnya. Beberapa jenis ikan yang bernaung di bawah terumbu karang antara lain adalah ikan kerapu, ikan baronang, ikan ekor kuning, ikan badut, batu karang dan lain - lain.

2.  Sebagai Sektor Pariwisata

Terumbu karang terkenal akan keindahannya, oleh karena itulah terumbu karang sangat di kenal sebagai pemandangan bawah laut yang selalu mempesona semua orang. Dan karena keindahnnya itulah wilayah laut yang terdapat terumbu karang di dalamnya menjadi tempan yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

3. Sebagai Objek Penelitian

Fungsi yang dimiliki oleh terumbu karang dalam bidang edukasi adalah sebagai tempat penelitian dan juga pengembangan dari berbagai macam jenis biota laut. Penelitian yang dilakukan terhadap terumbu karang ini dapat di jadikan sebagai sarana pengembangan dan juga evaluasi terhadap keadaan yang ada di bawah laut.


Penulis : Idham Mukholid

Sumber :

https://ilmugeografi.com
https://jurnalbumi.com
http://baharibahari.blogspot.com


No comments:

Post a Comment