Pengertian Dan Ciri - Ciri Ubur - Ubur

Assalamu alaikum Sahabat TI ( Tombak Ilmu )

Pengertian Ubur - Ubur

Ubur - Ubur merupakan sejenis binatang laut dengan postur yang luntur dan termasuk ke dalam kelas Scyphozoa. Tubuhnya berbentuk payung berumbai. Kelompok hewan ini memiliki sel penyengat yang mereka gunakan baik untuk menangkap mangsa mereka dan juga sebagai bentuk pertahanan. Sel - Sel ini mengandung kapsul di bagian dalam yang ada di gulung filamen dan racun. Sebuah hewan mangsa yang bersentuhan dengan permukaan ubur - ubur, kapsul terbuka dan filamen yang dikeluarkan akan menempel ke mangsanya, Dan Ubur - Ubur akan menyuntikan racunnya.




Ubur - ubur termasuk makhluk hidup dengan jumlah paling banyak di laut. Dalam penelitian terbaru berdasarkan hasil survei , ada sekitar 38 juta ton ubur - ubur di kawasan epipelagik saja ( kedalaman 0 - 200 meter ). Selain itu, ubur - ubur terdapat di semua lautan dan menempati sebagian besar habitat laut termasuk laut dalam.




Cara Berkembang Biak Ubur - Ubur

Dalam berkembang biak ubur - ubur mempunyai jenis kelamin yang terpisah, artinya ada ubur - ubur betina dan jantan. Dalam hal reproduksi betina dan jantan melepaskan sperma dan telur ke dalam air ( reproduksi generatif ). Setelah pembuahan ubur - ubur mengembangkan larva yang menimbulkan ubur - ubur baru atau yang menetap di dasar laut sebagai polip. Dari polip tersebut berdasarkan reproduksi vegetatif, Ubur - ubur yang hidup bebas baru dapat berkembang.



Karakteristik Atau Ciri - Ciri Ubur - Ubur

Dalam klasifikasi animalia Ubur- Ubur atau Scyphozoa termasuk kedalam fillum Cnidaria yang memiliki arti hewan yang memiliki jarum penyengan . Pengelompokkan hewan ini dari filum Cnidaria terbagi kedalam beberapa kelas, yaitu Cubozoa, Hydrozoa, Anthozoa, Staurozoa dan Scyphozoa. Sama halnya dengan ciri - ciri makhluk hidup lainnya, berikut karakteristik dari ubur - ubur, yaitu :


  1. Pada tentakel umumnya diselimuti dengan sel -sel penyengat ( knidosit )
  2. Bentuknya seperti mangkuk terbalik, sehungga sering disebut ubur - ubur mangkuk terbalik
  3. Ubur - Ubur termasuk  binatang binatang diplobastik,dengan kata lain mereka mempunyai dua lapisan sel utama. Dua lapisan sel utama ubur - ubur adalah eksoderm di bagian luar dan gastroderm di dalam ditengahnya adalah mesoglea yang berfungsi sebagai rangka.
  4. Hewan ini tidak punya kepala dan mulut serta anusnya terletak di lubang yang sama sisi yang di dekat mulut disebut oral dan sebaliknya disebut aboral. Sehingga makanan dan kotorannya masuk dan keluar melalui lubang yang sama.
  5. Sistem pencernaan dengan sistem saluran gastrovaskular yang terdiri dari mulut, manubrium, perut pusat yang bercabang membentuk empat kantung perut masing - masing dibatasi 6 sekat yang disebut septum.
  6. Sistem pernafasan hewan invertebrata ini melalui kedua lapisan sel dengan menyerap oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida di sekitarnya. Beberapa jenis lain yang bersimbiosis dengan alga fotosintetik untuk mendapatkan oksigen.
  7. Sistem saraf hewan ini dimana sel - sel saraf tersebar diseluruh tubuh dimana memiliki cincin otot yang melapisi kubah tubuh yang menyediakan kontraktil yang dibutuhkan untuk berenang di air.


Sumber :

https://richocean.wordpress.com/fauna-lain/ubur-ubur/
http://theconversation.com/
https://dosenbiologi.com/hewan/klasifikasi-ubur-ubur
https://www.sridianti.com/ciri-ciri-ubur-ubur.html

Penulis : Idham Mukholid

No comments:

Post a Comment