Pengertian Ikan Badut ( Clown Fish ) Serta Habitatnya

Assalamu alaikum, Sahabat TI ( Tombak Ilmu )

Pengertian Ikan Badut Atau Ikan Clownfish

   Ikan Badut / Ikan Clown fish merupakan ikan hias air laut dari subfamili Amphiprioninae. Terdapat di genus premnas, sementara sisanya di gen Amphiprion. Ikan Badut berwarna kuning, jingga, kemerahan atau kehitaman. Spesies terbesar dapat tumbuh mencapai 18 cm, sementara terkecil hanya 10cm di jepang.




Nama Ilmiah : Amphiprion percula
Nama Panggilan : Ikan Badut ( Clown Fish ), Ikan Anemon ( Anemon Fish ), Ikan Nemo
Ukuran : 3 - 4 inci ( 10 cm )
Harapan Hidup : 3 - 6 tahun
Class : Actinopterygii
Order : Perciformes
Family : Pomacentridae

  Ikan badut hidup secara simbiosis mutualisma dengan anemon. Simbiosis mutualisma artinya cara hidup bersama antara dua makhluk hidup secara saling memberikan manfaat satu sama lain. Anemon adalah jenis tumbuhan laut yang memiliki tentakel beracun. Tumbuhan ini adalah karnivora (pemakan hewan) yang melumpuhkan ikan dengan racun pada tentakelnya. Ikan badut dapat mengatasi racun anemon dengan membuat dirinya tidak dikenal sebagai makhluk asing. 




  Saat pertama kali menempati suatu spesies anemon beracun ikan badut akan berusaha menyesuaikan diri dengan tentakel dengan mengikuti gerakan tentakel dan kemudian membiasakan diri menyentuh tentakel. Hanya beberapa spesies anemon tertentu yang akan ditempati oleh ikan badut. Ikan badut mendapatkan manfaat dari anemon berupa makanan dan perlindungan dari predator yang tidak akan mengejarnya di dekat anemon, sedangkan anemon mendapatkan pembersih tubuh dari sisa makanan dan tentakel yang sudah mati.

Habitat Ikan Badut

   Ikan badut hidup di dasar laut dimana terdapat anemon. Anemon adalah tumbuhan laut yang memiliki tentakel beracun. Ikan badut banyak terdapat di perairan hangat di lautan tropis Pasifik, laut merah, laut India dan Great Barrier Reef Australia.




Reproduksi ( Perkembangbiakan ) Ikan Badut

    Ikan badut tidak mengenal musim kawin tertentu, hewan ini dapat kawin kapan saja sepanjang tahun. Saat akan kawin ikan badut jantan akan merayu ikan badut betina dengan mendekati, mengejar, menggigit, dan melebarkan sirip-siripnya dekat betina. Ikan badut betina akan bertelur di batuan dan karang dekat anemon secara bertahap yang jumlahnya mencapai beberapa ratus butir telur. Ikan badut jantan akan menjaga telur-telur tersebut sampai menetas, 4 atau 5 hari kemudian.



Perilaku Sosial Ikan Badut

    Dalam kelompok ikan badut, terdapat dominasi seekor betina. Hanya ada satu pejantan (ikan jantan yang berhak kawin) dan satu betina dalam kelompok ikan badut. Ikan badut lainnya adalah jantan hermaprodit, artinya ia bisa berubah menjadi betina. Jika ikan badut betina mati maka salah satu ikan badut akan menjadi betina. Ikan badut betina ini kemudian akan memilih salah satu dari ikan badut menjadi penjantan yang memiliki hak kawin.





Sumber :

http://olvista.com/ikan-badut-anemon-si-mungil-dari-dasar-laut/
https://adearisandi.wordpress.com/2012/01/25/ikan-badut-clownfish/
http://sikpas.blogspot.com/2015/12/klasifikasi-anatomi-dan-morfologi-ikan.htm


Penulis : Idham Mukholid





No comments:

Post a Comment